Pers Akademika : Netral Ataukah “Memihak”?


Pergerakan pers mahasiswa  saat  terbilang mapan. Tentunya tak terlepas dari akses Ilmu pengetahuan  dan teknologi yang mendukung. Namun, dibalik kemapanya pun, acapkali menjadi  tanda tanya besar di benak mahasiswa lainnya, atas sikap yang diemban oleh salah satu organisasi kampus tersebut.

Apakah posisi pers mahasiswa, masih memihak pada ideologi  pers atau telah tergerus dengan adannya kepentingan tertentu, yang  acapkali membingungkan mahasiswa sendiri.

Setidaknya kegundahan itu yang dirasakan  Heni Ratnasari yang saat ini duduk sebagai Redaktur Pelaksana di Pers Mahasiswa Kampus Udayana, yaitu “Pers Akademika” . Ia  menututurkan bahwa arah dan pergerakan Pers  Akademika  tak seperti dulu lagi yang bena-benar netral.

“Saya tidak merasa srek, ketika Pers Mahasiswa  tidak sebagaimana mestinya lagi.  Penentuan sikap organisasi  yang tidak jelas, dan entah mau dibawa kemana,” keluh mahasiswi  jurusan Kimia tersebut.

Ia pun menjelaskan Pers Akademika belakangan ini, antara nentral maupun memihak. Sehingga menjadikan dirinya kebingungan sebagai salah satu pengurus di Akademika. Begitupun dengan pemberitaan yang dipublikasikan selama ini, yang cenderung memihak kepada Badan Eksekutif Mahasiswa(BEM).

“Pers saat ini di pertanyakan keindependenannya, karena terkesan lebih memihak kepada pemerintahan(BEM),” jelasnya.

Heri mahasiswa yang telah mendalami jurnalistik sewaktu SMA itu, memperhatikan selama ini, mengapa Pers Akademika tidak seperti dulu lagi yang benar-benar memihak dengan keadaan mahasiswa.

“Mungkin dikarena pengurus dari akademika  dua tahun bertururt –turut belakangan ini yang berkecimpung dan menjadi pengurus juga di BEM,” tambahnya.

Untuk mempertanyakan arah dan pergerakan Pers Akademika saat ini, ia pernah mengungkapkan  saat rapat evaluasi berlangsung mengenai arah Pers kampus.  Ia menanyakan status  netral atau memihaknya Pers Akademika terhadap pemerintahan BEM maupun Rektorat.

“Kedepannya , arah Pers Akademika lebih netral dan independen, “ jelasnya mengutip hasil rapat evaluasi yang telah dilakukannya.

Keraguan pun menajdi pemkiran Heni saat ini.  Atas  Pers Akademika kedepannya yang tidak seperti masa jayanya lagi.

“Banyak anggota secara SDM jauh seperti dulu lagi,” kenangnya. Ia pun berharap agar kedepannya pers Akademika menunjukkan keindependenannya di kalangan mahasiswa khususnya.

About awitara

saat ini masih sebagai mahasisa aktif di salah satu perguruan ringgi negeri di Bali. kegiatan sehari-hari ngeliput kegiatan mahasiswa, koz aktif di pers mahasiswa dan mengasuh terbitan majalah "brahmastra". selain itu, saya juga menyukai banyak hal tentang TI . suka menulis., membaca, nge-blog, diskusi , jalan-jalan dan berbagai hal yang menyenangkan. isi dalam blog saya ini rata-rata kumpulan artikel tulisan yang pernah di terbitkan di koran lokal maupun nasional. ya, itung-itung berbagi informasi dan sambil belajar nulis.

Posted on 30/01/2011, in mahasiswa and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: