Belajar Dari Alamarhum Adjie Massaid ?


Indonesia terus dirundung derita. Setelah alam murka, konflik horizontal mengeruh dan keberagaman negeri semakin “berdarah”. Ternyata derita lainnya pun menyusul satu persatu. Para pemuda bangsa telah “hilang” .

Entah karena apa yang diperbuat oleh generasi ini. Pergerakan dan calon pemimpin yang ada di tangan pemuda, satu demi satu meninggalkan negeri ini. Dan tak kan pernah kembali.  ya, Adjie Massaid. Salah satu politisi muda partai Demokrat. Telah tiada.Berpulang!

Semua tak menduga sebelumnya. Kaget dan terhenyak. Apalagi keluarga tercinta dan kerabat dekatnya. Yang  jelas tak terbendung rasa haru dan sedih tanpa henti di negeri ini.  Begitupun dengan keluar dan kerabat besarnya., tak lepas dari ishak tangis untuk melepas kepergian Manajer Timnas U-23 tersebut.

Apa sebenarnya yang menyebabkan Adjie, begitu mendadak meninggalkan dunia ini? Apakah  serangan jantung yang dideritanya,benarkah bersifat dadakan? Berdasarkan informasi yang saya dapatkan, tepatnya saya baca di beberapa media dan saya pahami dalam blog ini. Teryata bisa saya simpulkan, jikalau ini bukan kesimpulan dari kita semua untuk mengiyakannya.

Bahwa Orang yang terlihat bugar belum tentu memiliki kondisi jantung yang baik. Setidaknya itulah yang menjadi sorotan oleh Dokter senior yang pernah menangani mantan Presiden Soeharto, Mardjo Subandono. Ia menjelaskan serangan jantung sangat berkaitan dengan gaya hidup seseorang.

kalau memang seperti itu. Bagaimanakah  pola gaya hidup almarhum Adjie Massaid selama ini?  Apakah terkesan, anggota DPR RI memang gaya hidupnya berbeda dengan rakyat jelata  yang ada diluar sana, yang masih mikir makannya untuk berulang kali? Itu mungkin! Namun ada beberapa pendapat, entah dari teman  almarhum yang menyatakan bahwa beliau dikenal seseorang yang rajin berolahraga khususnya sepak bola. Gaya hidupnya pun dinilai sehat. Jadi tidak mungkin rasanya ia meninggal dengan serangn jantung karena gaya hidup almarhum.

Namun kembali lagi pada pendapat Dokter Senior yang pernah menangani Presiden RI ke-2 diatas . Ia menilai olah raga saja tidak cukup untuk menjamin kesehatan jantung sesorang. orang yang terlihat bugar belum tentu sehat. Mereka yang tidak pernah memiliki riwayat sakit jantung juga belum tentu memiliki kondisi jantung yang baik.

“Intinya ia memberikan solusi kepada kita semua, serangan atau penyakit jantung bisa dicegah dengan makanan sehat, sayur banyak, olahraga teratur, dan mengurangi lemak jahat.”

Sebagai tindakan pencegahan, ia menyarankan lima makanan sehat yaitu makanan berwarna merah, putih, hijau, kuning dan hitam. Di antaranya tomat, gandum atau nasi, green tea, wortel. Sementara olahraga, minimal lari pagi tiga kali seminggu selama 30 menit.

Usai makan, juga disarankan berjalan-jalan selama setengah jam agar lemak tidak menumpuk dan segera terbakar. Kemudian dengan cara sederhana, setiap bangun tidur coba memiringkan badan ke kanan selama setengah menit sebanyak tiga kali, lalu ke kiri setengah menit juga tiga kali.

Namun yang paling penting, check-up kesehatan kardiovaskuler secara rutin. Ini untuk mendeteksi kondisi jantung, risiko penyempitan pembuluh darah, atau gangguan kardiovaskuler lain. Kemungkinan tips terakhir diatas, sedikit menyulitkan masyarakat kita atau kawan-kawan blogger termasuk saya juga.

Berfikir jernih lagi untuk melakukan Check –up. Karena alasan klasik. Kalau bukan masalah duit atau gajih yang tidak cukup untunk melakukan rutinitas terakhir tersebut. Namun lucunya di negerinya,ketika parah,baru sadar dan menyesal kesehatan itu pentingnya minta ampun.

Ya,ini setidaknya menyadarkan kita semua, bahwa kesehatan penting dijaga. Meskipun hidup-mati ada ditangan Tuhan. Namun kita lah yang harus mengatur diri kita sendiri. Karena pada hakekatnya Tuhan hanya bisa merestui apa yang telah kita bisa lakukan! Bukankah seperti itu kawan!

Foto: http://www.detikhot.com

 

 

About awitara

saat ini masih sebagai mahasisa aktif di salah satu perguruan ringgi negeri di Bali. kegiatan sehari-hari ngeliput kegiatan mahasiswa, koz aktif di pers mahasiswa dan mengasuh terbitan majalah "brahmastra". selain itu, saya juga menyukai banyak hal tentang TI . suka menulis., membaca, nge-blog, diskusi , jalan-jalan dan berbagai hal yang menyenangkan. isi dalam blog saya ini rata-rata kumpulan artikel tulisan yang pernah di terbitkan di koran lokal maupun nasional. ya, itung-itung berbagi informasi dan sambil belajar nulis.

Posted on 08/02/2011, in sekitar kita and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: