Waow…! UGM Peringkat Pertama di Indonesia


Tak heran jika banyak saat ini, para pelajar genjar untuk menuntut ilmu pengetahuan di luar daerah. Bukan tanpa alasan mereka rela harus meninggalkan keluarga tercinta di kampung hanya untuk meningkatkan  jenjang pendidikan di perguruan tinggi ternama di negeri ini.

Pulau Jawa, ya seakan menjadi magent tersendiri di mata pelajar. Khususnya  yang baru tamatan Sekolah Menengah Atas(SMA). Secara tidak langsung, pendidikan di pulau Jawa memang lebih baik di bandingkan pendidikan di daerh lain, yan relative masih berkembang. Selain itu, dari sejarah pun pulau Jawa memiliki jejak pendidikan yang cukup tinggi.

Beragam alasan yang muncul ketika mereka(pelajar) melanjutkan studi di Jawa, apalagi mereka yang berduit. Meskipun ada yang tidak juga.  Pilihan tersebut,terinspirasi dari kiprah perguruan tinggi yang begitu besar gaungnya dan  telah melahirkan pemimpin-pemimpin “hebat” di negeri ini.

Lihat saja kampus –kampus beken seperti Universitas gajah Mada(UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan  Universitas Indonesia (UI) yang menjadi sorotan ‘maut’, bagi  yang haus akan kampus bergengsi. Belum lagi prestasi yang di raup oleh masing-masing perguruan tinggi  tersebut. belum lama ini Universitas Gajah mada(UGM) menduduki urutan peringkat pertama perguruan tinggi seindonesia dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia versi Webometrics 2010.

Webometrics adalah lembaga yang berafiliasi dengan Dewan Riset Nasional Spanyol. Dalam setahun, badan ini mengeluarkan daftar peringkat, yaitu Bulan Januari dan Juli. Masuknya sebuah perguruan tinggi dalam sebuah pemeringkatan dunia akan mempermudah kerja sama dengan pihak asing. Selain itu, peringkat dunia juga merupakan pengakuan internasional terhadap kualitas akademik terhadap perguruan tinggi bersangkutan.

Ternyata UGM mampu mempertahankan peringkatnya , selama 3 tahun berturut-turut sejak 2008 silam. Bukan hanya itu UGM juga mampu menyebet peringkat 8 dari 100 universitas terbaik se-Asia Tenggara dalam hal publikasi elektronik versi Webometrics. Bukan hanya UGM saja, ada  beberapa  universitas lagi yang masuk dalam daftar 100 universitas terbaik se-Asia Tenggara dalam hal publikasi elektronik.

Peringkat pertama dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik se-Asia Tenggara Webometrics 2010 itu ditempati National University of Singapore, diikuti Kasetsart University Thailand, dan Prince of Songkla University Thailand. Dalam daftar itu, terdapat 17 perguruan tinggi asal Indonesia, yang di antaranya adalah Universitas Kristen Petra Surabaya (19), Universitas Gunadarma Jakarta (24), Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (31), Universitas Islam Indonesia Yogyakarta (74) dan Universitas Negeri Yogyakarta (100).

Mungkin jangan bersedih hati, bagi universitas maupun perguruan tinggi lainnya yang belum bisa masuk dalam daftar tersebut. ini menjadi pekerjaan rumah bagi civitasperguruan tinggiyang ada di Indonesia, agar meningkatkan kulitas yang dimiliki. Setidaknya mampu sejajr dengan perguruan ‘tua’ yang telah menelurkan para praktisi, politisi, pengusaha, mapun pemimpin di negeri ini . Semoga!

 

 

 

About awitara

saat ini masih sebagai mahasisa aktif di salah satu perguruan ringgi negeri di Bali. kegiatan sehari-hari ngeliput kegiatan mahasiswa, koz aktif di pers mahasiswa dan mengasuh terbitan majalah "brahmastra". selain itu, saya juga menyukai banyak hal tentang TI . suka menulis., membaca, nge-blog, diskusi , jalan-jalan dan berbagai hal yang menyenangkan. isi dalam blog saya ini rata-rata kumpulan artikel tulisan yang pernah di terbitkan di koran lokal maupun nasional. ya, itung-itung berbagi informasi dan sambil belajar nulis.

Posted on 10/02/2011, in Pendidikan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: