Mengalami atau Membayangkan KEGAGALAN!


Berbicara mengenai Kegagalan, tentu sebagian dari pembaca blog ini akan tidak mau gagal dalam melakukan kegiatan, usaha atau pun bisinis yang saat ini digelutinya, bukan! Namun sebagian lagi, malah ada yang menanti “KEGAGALAN” yang akan menerjang dirinya sendiri. Alasannya simpel. Ya, sebagai vitamin untuk tetap tegar dan terus melangkah, ketahap selanjutnya dari kegagalan yang telah dialaminya saat ini, tepatnya mungkin seperti itu!

Itu adalah sebuah pilihan yang tentunya akan mengarahkan seseorang atau sebagain dari kita untuk selalu belajar dari apa yang namanya KEGAGALAN! Mengalami atau sekadar untuk membayangkan Kegagalan, adalah dua sisi yang sama tipis. Tapi, sangat berpengaruh terhadap tindakan yang akan selanjutnya direncanakan.

Tentunya seseorang yang tidak pernah gagal(mungkin sangat amat mustahil), akan lebih baik memilih “membayangkan” kegagalan di bandingkan harus “mengalami” kegagalan. Jawaban nya tentu juga sangat simpel dan mudah kita tebak. Bagi  orang yang lebih membayangkan kegagalan.  Jawabannya adalah, “Orang yang mana yang ikhlas jika  ia GAGAL dalam menjalankan sebuah target(Usaha/Bisnis).

Maka ia akan berusaha untuk mencari jalan keluar atau alternative apapaun untuk menjauhi KEGAGALAN yang kemungkinan akan menimpa dirinya. Bukan hanya sampai disana saja, gejala atau pun tanda-tanda sekecil apapaun yang namanya  KEGAGALAN akan dieliminasi sedini mungkin, demi memuluskan sebuah target yang diinginkan.  Seperti  itu kan kawan!

Mengalami Kegagalan

Lanjut lagi. Diatas adalah sedikit gambaran dari tipe seseorang yang hanya ingin membayangkan kegagalan dibandingkan harus ikhlas mengalami kegalalan 100 %. Mungkin mereka berpikiran, ”Hanya ORANG GILA  saja, jika ingin mengalami kegagalan di dunia ini”.  Ya, namun setidaknya itu yang menjadi gambaran umum sebagian masyarat yang hidup di negara berkembang seperti saat ini. Itulah Indonesia.

Namun, di sisi lain dan  sebagian dari anda yang ingin mengalami kegagalan, tentunya sudah amat kenyang dengan pengalaman kegagalan dari action yang telah anda lakukan sebelumnya. Memilih KEGAGALAN, tentu bagi sebagian orang normal adalah hal yang SANGAT KONYOL. Namun, keKONYOlan itulah yang acapkali membuat pandangan seseorang berubah drastis, hingga 180 derajad. Karena seringkali ke-KONYOLAN-tersebut mendatangkan hasil diluar dugaan dari perencanaan awal sebelumnya. Bahkan kesuksesan pun, diperoleh karena banyak orang yang KONYOl,namun  bukan sebarang KONYOL. Jangan bingung!

Dan baru lah ketika _kekoyolan diatas, mendatangkan hasil berlipat ganda semua orang mulai melirik dan mencermati. Dan pada akhirnaya mengikutinya dengan seksama, hahaha,,,aneh bukan! Disini siapa sebenarnya yang KONYOL?  Seseorang yang mengalami kegagalan ataukah orang yang hanya bisa membayangkan jika ia GAGAL?

Namun inilah realitas di lapangan sebenarnya. Kita sering melihat orang yang gagal, namun tetap “memelihara” kegagalannya untuk mencapai kegagalan yang lebih besar lagi. Dan berusaha, untuk mengulanginya lagi, dan belajr lagi dari kegagalan yang telah dilaksanakan sebelumnya. Dan tibalah pada titik untuk mengolah kegagalan sebagai lahan “menjanjikan”.

Pada dasarnya, seseorang yang seringkali membayangkan KEGAGALAN adalah seseorang yang sebenarnya telah menggagalkan tindakan yang akan menjadikan dirinya menjadi luar biasa.  Karena, terlalu berlebihan dalam PEMBAYANGAN terhadap tindakan yang akan dilakukan, sehinggga menimbulkan KEGAGALAN untuk tidak melakukan apapun sama sekali. Ya,pada intinya belum melakukan, sudah takut Gagal!

Namun, berbeda dengan  seseorang yang acapkali dan lebih senang mengalami KEGAGALAN. Karena, seseorang yang mengalami kegagalan, tentunya sudah melakukan tindakan, dan menjadikan Kegagalannyasebagai pembelajaran untuk tindakan selanjutnya agar tidak menjadi manusia GAGAL terus. Ia terus melakukan, melakukan, dan melakukan. Hasilnya, kita liat saja nanti. Toh, Tuhan juga tidak buta kan kawan!

Bagaimana dengan kawan-kawan blogger, pilih mana. MEMBAYANGKAN kegagalan atau MENGALAMI kegagalan?

About awitara

saat ini masih sebagai mahasisa aktif di salah satu perguruan ringgi negeri di Bali. kegiatan sehari-hari ngeliput kegiatan mahasiswa, koz aktif di pers mahasiswa dan mengasuh terbitan majalah "brahmastra". selain itu, saya juga menyukai banyak hal tentang TI . suka menulis., membaca, nge-blog, diskusi , jalan-jalan dan berbagai hal yang menyenangkan. isi dalam blog saya ini rata-rata kumpulan artikel tulisan yang pernah di terbitkan di koran lokal maupun nasional. ya, itung-itung berbagi informasi dan sambil belajar nulis.

Posted on 10/03/2011, in Motivasi Hidup and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: