Nonton Berita,Kenapa Harus Malu!


Perkembangan media massa saat ini semakin banyak dan bertambah saja. Seperti televisi, radio, internet, Koran,majalah dan  bulletin. Banyak kandungan informasi didalamnya yang diperoleh, bagi siapapun yang mengamati dan membacanya.

Kandungan  informasi yang terdapat dari media massa tentunya bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan minat. Bahkan pemanfaatan media massa juga dijadikan  untuk mengisi waktu luang agar tidak membosankan.

Televisi, salah satunya. Media yang satu ini menyajikan beragam menu tayangan tiap harinya. Baik dari hiburan hingga berita yang dikemas sedemikian menariknya, agar para pemerisa dirumah tertarik untuk menontonnya.

Begitupun dengan anda yang saat ini, yang telah menonton beragam program siaran dari puluhan hingga ratusan chanel di tv. Tentunya sangat  memanjakan mata anda bukan.  Dari pagi hari, hingga pagi hari lagi. Siaran  dalam televisi menemani anda. Tak ada hentinya! Belum lagi tanyangan komersial iklan yang bertebaran, sebagai jeda yang acapkali membosankan.

Tinggal anda yang memutuskan untuk memilihnya. Ibaratkan menu dalam meja, makan. Anda tinggal menentukan arah tangan anda untuk mengambil menu masakan yang anda paling sukai bahkan anda gemari tiap saat.

Berbicara mengenai program televisi saat ini, kurang lebihnya seperti pemaparan diatas. Mungkin  anda telah terbayang chanel apa dan program apa yang paling anda gemari. Bagi  sebagian dari anda, yang ingin  menghilangkan stress, tentunya lebih menyukai program lawakannya Mas Sule Cs, ataukah butuh hiburan yang lain untuk olah vokal suara anda yang merdu mungkin!

Anda bisa menikamatinya di pagi hari hingga malam, untuk mendengarkan performa artis dan band-band ngetop disiaran TV anda.  Bukan hanya itu saja, program yang lainnya pun masih banyak. Seperti  Sinetron, FTV, kuis, olahraga, dan lain sebagainya.

Mungkin dari sebagian dari kita semua, khususnya anda-anda yang “Muda” seangkatan saya,lebih asyik menonton hiburan atau tayangan yang ringan-ringan saja. (Mungkin) Tidak terbesit dari para anak muda saat ini untuk melirik program “Berita”. Mendengar namanya, atau sekilas tayangannya, pasti sebagian dari anda sudah nggak mood. Apalagi ingin  menontonnya berlama-lama.  Menonton sebuah berita, masih saja  dinilai terlalu ketuaan, sok dewasa atau hanya biar ‘keren’ saja.

Itu, hanya sepintas belakangan ini saya perhatikan. Saat teman-teman saya perhatikan,  baik di kampus, di kos-kosan, maupun dirumah saudara mereka lebih asyik untuk menikmati program musik, Ftv,sinetron,dan film sewaan yang lagi ngetren. Tentunya yang dinilai adalah  jiwa anak muda banget.

Namun, tidak ada salahnya jika anda-anda yang muda maupun remaja, seperti saya ini mulai belajar menonton berita. Pada awalnya,saya dulu sangat malas sekali menonton berita. karena saya anggap tontonan tersebut terlalu “berat” buat saya sendiri.

Seiring berjalannya waktu dan mengamati kualitas tontonan di Tv. Saya  pernah mendengarkan seseorang sebaya. Ia  menceritakan tentang sebuah berita mengenai, UU Badan Hukum Pendidikan(BHP)yang berimbas pada pendidiaan, dimana saat itu lagi membuming dikampus saya. Tentunya  saya langsung menanyakan keteman saya tadi. “ Kamu dapat infonya dari mana,” tanyaku terheran. “Makanya nonton berita, jangan sinetron terus,” jelasnya dengan suara lantang.

Saya sedikit terheran dan cukup malu juga, karena sudah merasa menjadi mahasiswa, yang tontonanya harus berbobot. Mulailah saat itu saya sedikit demi sedikit mencari informasi melalui berita di chanel TV.

Setelah mencoba, untuk menontonya(berita), awalnya memang sangat sulit dan terkesan membosankan. Setelah saya ikuti terus menerus dan dalami ternyata,  banyak informasi yang saya dapatkan. Dan sangat menyenangkan, bahkan sekarang sehari tidak nonton berita serasa ada yang kurang. Meskipun tidak sempat nonton tv untuk menyaksikan berita secara langsung, saya berusaha browsin mencari situs yang banyak menjajakan berita kekinian.

Mulailah pola pikir saya berubah. Mematangkan pikiran dengan informasi yang saya peroleh. Setiap asyik chating melalui Fb. Pastinya saya menulis postingan yang berbau berita di Tv yang saya tonton. Beragam komentar pun bermunculan dari pujian hingg makian.

Hitung-hitung berbagi informasilah. Saya harapkan juga kepada kawan-kawan khususnya generasi muda, ataupun kawan-kawan blogger yang sempat membaca postingan ini. Menoton  atau menbaca berita berita itu sangat amat penting. Banyak hal yang kita peroleh dari sana, jangan malu menonton berita. Lanjutkan saja, tapi tahu waktu dan tempat saja. Ok! Selamat menonton beritaria

 

 

 

About awitara

saat ini masih sebagai mahasisa aktif di salah satu perguruan ringgi negeri di Bali. kegiatan sehari-hari ngeliput kegiatan mahasiswa, koz aktif di pers mahasiswa dan mengasuh terbitan majalah "brahmastra". selain itu, saya juga menyukai banyak hal tentang TI . suka menulis., membaca, nge-blog, diskusi , jalan-jalan dan berbagai hal yang menyenangkan. isi dalam blog saya ini rata-rata kumpulan artikel tulisan yang pernah di terbitkan di koran lokal maupun nasional. ya, itung-itung berbagi informasi dan sambil belajar nulis.

Posted on 19/03/2011, in Refleksi and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Betul, tapi nonton berita juga harus kritis. Intip posting saya tentang geregetannya saya waktu nonton berita di sini: http://sisawaktu.wordpress.com/2010/04/29/legislative-idol/

    Salam blogger.

Leave a Reply

