Belajar Politik Dari “ Provocative Proactive”


Banyak saat ini, generasi saya. Ekslusifnya generasi muda, memandang politik adalah hal yang ‘tidak perlu” untuk dibahas apalagi dipelajari. Cukuplah mereka yang duduk sebagai wakil rakyat  yang tahu. Kasarnya seperti itu.

Menurut saya belajar dan membahas politik itu penting. Meskipun nantinya saya atau anda (khususnya yang  muda) tak harus menjadi seorang politikus maupun seorang DPRD ataupun presiden di negeri ini. Apalagi banyak ‘famlet’ baru mengenai politik di kalangan para pemuda sendiri. Ada yang mengatakan politik adalah hal yang kotor,korupsi, kebencian, serakah, licik, munafik, dan banyak musuh.

Pernyataan yang menakutkan!. Memang ada benarnya. Selama ini politik khususnya diindonesia di cap negative oleh sebagain besar publik apalagi  anak-anak muda.  Politik acapkali di ibaratkan sebagai orang yang picik dan licik. Penuh  dengan dusta dan kebohongan. Sekiranya  itu yang menjadi lampiasan para penyandang status elite di Senayan sana.

Namun berbeda, dengan Anda yang saat ini mungkin  duduk dan mengambil jurusan politik. Pastinya hal yang menarik untuk di kaji. Sebenarnya, disini dalam pandangan saya pribadi politik adalah sesuatu yang patut untuk di pelajari, meskipun tidak secara formal ataupun dengan  beragam teori yang mengikatnya.

Namun lebih pada pendekatan media yang berkembang saat ini. Banyak manfaat yang bisa diangkat dari sistem perpolitikan yang ada. Apalagi di Indonesia. Jujur saya katakan. Awalnya saya tidak menyukai dunia politik, apalagi berita yang sering di tampilkanm oleh media massa. Bosan!

Namun, sejak saya belajar menulis baik di media cetak maupun elektronik(blog). Topik politik ternyata memiliki nilai plus tersendiri. Pengamatan yang bisa dilakukan sendiri dari media, pergolakan demi pergolakan terjadi. Dan pada akhirnya di bumbui nuansa politik yang begitu kental, alias adu strategi. Sederhana seperti itu.  Menurut saya, di sanalah seninya

Nonton  “Provocative Proactive”

Jangan pernah malas membahas politik. Karena kita terlahir didunia ini pun, sudah “dipolitisasi” oleh orang tua, dengan cinta mereka bukan! Jangan  memandang politik  hanya bisa di  bahas bagi orang-orang yang hanya memiliki  kekuasaan, uang, relasi hebat dan berpengaruh. Namun anda pun berhak dan bebas. Kan tidak ada undang-undang khusus yang mengatur, bahwa belajar politik di lakukan oleh orang-orang tertentu saja kan?

Mungkin anda terlalu sering menonton lawakannya mas Sule dan Ajis di OVJ. Namun tidak ada salahnya jika saya sarankan untuk menonton lawakan politik ala Provocative Proactive, yang disiarkan secara langsung di stasiun televisei nasional Metrotv. Sebuah komedian yang mengundang gelak tawa, namun sarat akan nilai-nilai politis yang bisa kita  pahami.

Pengkemasan acara yang menarik, dan tidak menjenuhkan bagi para penonton. Khususnya anda yang doyan menontotn komedi. Acara tersebut, pertama kali saya tonton begitu menyegarkan. Bahasa anak muda yang digunakan dalam acara tersebut, membuat saya menikmatinya sebagai seorang “pakar politik” yang baru.

Dan hebatnya lagi, di perankan oleh anak-anak muda, yang mungkin ‘jauh’ dari nuansa politis. Seperti Panji, Adit Raditya, dan kawannya yang laint Tak kalah serunya kelima anak muda tersebut, sering memperankan adegan sebagai elite yang saat ini lagi naik daun. Seperti  Presiden, DPRD, Pengamat, penegak hukum, rakyat, dan lain sebagainya .

Mungkin kalau saya ceritakan disini, sangatlah  panjang lebar. Anda  akan cepat bosan dan melelahkan mata anda untuk membacanya. Alangkah baiknya anda langsung cari stasiun terlevisi tersebut. Ya,  pada acara Provocative Proactive. Kalau tidak salah, tayangannya setiap malam pukul 22.00 Wib, hari Kamis. Tentunya mengupas sisi luar politik ala gaya anak muda. Selamat menonton kawan! Semoga tertarik.

About awitara

saat ini masih sebagai mahasisa aktif di salah satu perguruan ringgi negeri di Bali. kegiatan sehari-hari ngeliput kegiatan mahasiswa, koz aktif di pers mahasiswa dan mengasuh terbitan majalah "brahmastra". selain itu, saya juga menyukai banyak hal tentang TI . suka menulis., membaca, nge-blog, diskusi , jalan-jalan dan berbagai hal yang menyenangkan. isi dalam blog saya ini rata-rata kumpulan artikel tulisan yang pernah di terbitkan di koran lokal maupun nasional. ya, itung-itung berbagi informasi dan sambil belajar nulis.

Posted on 22/04/2011, in Politikus Moeda and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. siipp..!!
    keren dah..!!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: