My Dosen Is Gaptek


Sebenarnya saya enggan untuk menulis dan berbagi informasi mengenai hal yang satu ini. Sangat krusial. Apalagi jika orangnya tahu. Bisa gawat! Mau bagaimana lagi. Dari pada menjadi beban pikiran diri sendiri. Nanti mungkin saya sakit jiwa. Ya, paling tidak untuk mengantisipasi yang namanya srtess lah.

Kalau tidak salah minggu lalu. Meskipun sudah lampau, setidaknya menjadi ‘bahan ajar’ pikiran saya.

 Saat  itu saya duduk di teras gedung yang cukup mewah. Ya, gedung Rektorat kampus. Dimana  saya saat ini melanjutkan dan menyandang status sebagai mahasiswa disana.

 Sambil menikmati hot-spot gratisan yang tersedia, di sekitaran kampus. Nampak datang dari kejauhan sosok dengan perawakan yang tidak terlalu tinggi. Muka ovalnya dari kejauhan, terasa tidak asing. Sambil asyik otak atik blog dan Fb-an. Semakin mendekat, semakin melayang isi otakku memikirkan orang yang mendekat ke teras gedung rektorat.

Sambil menempelkan Hp Qwertynya di telinga, dengan topik pembahasan yang saya dengar menjurus ke bisnis. Ya, saya kira seperti itu. “Kapan bisa dikirim, ongkosnya berapa, untung saya berapa..bla..bla..bla,,”urainya dengan lantang mendekati bibir teras sambil menyapa saya dengan senyum yang lebar.

Spontanitas saya menjawab senyumannya. “Hai pak,..” jawabku sambil mengingat orang tersebut. Ya, baru ingat. Dialah Pembimbing Akademik(PA) ku di kampus. Kalau  di SMA lebih dikenal wali kelas. Semacam  itu lah.

Sambil menjaga sikap, posisi tubuhku spontanitas berubah. Tegap dan kaku. Setidaknya, Cuma acting saja lah. Untuk menghormati PA yang tadi, sebagai pejabat di kampus.

“Ngapain Bos”….., tanyanya sambil mematikan HP. Dosen yang satu ini memang sangat nyantai sekali dalam menyapa mahasiswa. Berbeda dengan dosen-dosen yang lain yang ku kenal selama ini. Kaku dan sedikit berbau formal. Wajarlah!

“Ne, lagi OL (alias online) pak,” jawabku singkat dan padat.” O…ya…..,” jawabannya pun ternyata lebih singkat, namun sayang tidak terlalu padat bagiku. Saya  tetap pada posisi semula. Menyibukkan diri pada beragam program yang ditawarkan di kampung global(baca:internet).

“Buat apaan tuh dek?”, tanyanya lagi untuk menegaskan. Padahal ia telah melototinya dari tadi situs yang saya buka. Situs itu pun tak terlalu asing bagi siapapun. Apalgi sekelas dosen. Pada waktu itu, saya sibuk memposting tulisan di Kompasiana.

Sebuah komunitas menulis untuk jurnalis warga di e-Kompas Bisa  dikatakan seperti blog, dimana dengan mudah kita menemukan beragam karya tulis baik popular, gaul atau sekadar biasa-biasa saja, berlimpah ruah di ruang tersebut.

Toh, itu pun  masih saja menjadi pertanyaan sang dosen tadi. Dalam hati saya tertawa. Namun  dengan penampilan muka yang biasa saja. Ya, untuk mengelabuhi. Dosen itu lagi memeloti dalam laptopku untuk sekian kalinya.

Saya sedikit melirik perhatiannya. Seperti  ada rasa penasaran dalam benak  sang dosen bersangkutan. Entah dia mau menanyakan apa fungsi situs tadi(kompasiana), saya juga kurang mengerti. Namun, raut wajahnya nampak jelas. Rasa ingin tahu atau pura-pura nggak tahu!

Posisi tubuh ku pun semakin tegang saja, karena terus di pelototi. Entah apa lagi yang di pikirkan oleh dosen yang tergolong muda tersebut. Kalau  memang  dosen tadi tak mengetahui sedikit pun mengenai hal tersebut(blog khususnya Kompasiana), sungguh sangat terlalu.

Betapa gapteknya(baca: penyakit “gagap teknologi”) dosenku! Mudah-mudahan tidak lah. Semoga saja tidak sepeti itu. Ini hanya penilaian saya terhadap realitas sebenarnya. Mungkin realitas yang salah!

About awitara

saat ini masih sebagai mahasisa aktif di salah satu perguruan ringgi negeri di Bali. kegiatan sehari-hari ngeliput kegiatan mahasiswa, koz aktif di pers mahasiswa dan mengasuh terbitan majalah "brahmastra". selain itu, saya juga menyukai banyak hal tentang TI . suka menulis., membaca, nge-blog, diskusi , jalan-jalan dan berbagai hal yang menyenangkan. isi dalam blog saya ini rata-rata kumpulan artikel tulisan yang pernah di terbitkan di koran lokal maupun nasional. ya, itung-itung berbagi informasi dan sambil belajar nulis.

Posted on 23/04/2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

