Comfest 2011, Membangun Negeri dengan Insan kreatif dan inovatif


Perkembangan IT  saat ini telah meroket tinggi. Tak salah jika ada yang menyatakan bahwa, “Dunia  dalam Genggaman” berkat IT. Dengan perkembangan tersebut, tentu menjadi peluang besar bagi segenap anak negeri ini, untuk berkreasi dan berekspirimen mengenai hal-hal yang dapat menunjang  aktivitas dan produktivitas masyarakat kekinian dalam pemanfaatan IT tersebut.

Begitu pun ajang Computer Festival (Comfest) 2011 yang diselenggarakan mahasiswa -mahasiswi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Sebuah One Stop IT Event karya para anak negeri   dalam mengembangkan IT dan penggunaannya. Bukan hanya dari mahasiswa UI saja yang di berikan kesempatan dalam event tersebut,  mahasiswa dan masyarakat umum pun  bisa ikut andil dalam ajang bergengsi itu. Meskipun  lokasi jauh di Jakarta sana, toh tidak lah masalah. Kalau  tekad sudah bulat untuk membangun IT  demi  daerah masing-masing , apalagi untuk masyarakat sekitar,  why not !

Comfest 2011 kali mengusung tema “Inovasi Karya Anak Bangsa menuju Kemandirian Nasional”. Tentu jika merujuk dari tema tersebut akan mencetak dan mengahasilkan  anak negeri yang  kreatif, cekatan, inovatif , pekerka keras, pantang menyerah dan bisa berbagi ilmu  dengan anak negeri lainnya. Pokoknya sip dech. Event yang berlangsung selama 3 hari tersebut dari 14- 16 Juni bertempat di SMESCO Indonesia Jalan Jend Gatot Subroto Kav. 94 Jakarta Selatan. (Lihat di Google Maps).

Tujuh Event Comfest 2011

Ada tujuh  event yang  akan membedah kreativitas anak negeri dalam comfest 2011 kali ini. Pertama, Exbihition. Event yang khusus mewadahi berbagai forum dan komunitas di Indonesia. Bagi siapapun entah netter, penggiat forum komunitas,mahasiswa, masyarakat umum yang haus akan perkembangan IT  di sinilah tongkrongannya.

Bukan hanya sekadar nongkrong biasa. Pada event exhibition tersebut   menghadirkan  beragam komunitas dan forum  sekaligus pameran produk riset IT, seperti Forum Community, Open Source Community,Research,Fasilkom, Robotic dan  Game Design Exhibition.

Disinilah tempat dan ajang yang wajib diikuti oleh  para insan peduli  IT Indonesia, yang nantinya bisa di diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Forum tersebut sangat tepat dalam menggali ide-ide baru, sehingga suguhan IT Indonesia semakin bervariatif dan berkembang luas secara holistik.

Kedua, Seminar. Hal yang terpenting dalam pengenalan dan memperdalam pengetahuan  peran penting IT. Begitu pun dengan Seminar pada Computer Festival 2011. Kegiatan ini akan lebih banyak membahas tentang Open Source dalam penerapan untuk IT di Indonesia. Karena peran Open Source dalam pengembangan inovasi IT tak terbantahkan lagi khususnya untuk sarana edukasi yang efektif dan interaktif.

Namun, jangan berprasangka kalau yang  dibahas hanya Open Source saja, program lain pun akan digembleng dalam seminar tersebut seperti, pemanfaaatan Linux,motivasi untuk penggiat media online, pemanfaatan android,pengemabangan IT dalam dunia bisnis, animasi 3D, serta start up lokal yang akan di bagikan secara gratis. Pembicaranya pun dijamin tak mengecewakan, seperti  Onno W. Purbo, Enda Nasution, Billy Boen, Betty Alisyahbana, Kemal Prihatman, Rsmanto, Valent Mustamin dan masih banyak lagi.

Ketiga, Workshop. Seperti halnya seminar di atas, Event workshop juga mengangkat tema   mengenai penggunaan berbagai macam tools open source seperti GIMP, WordPress, dan lainnya yang sedang marak digunakan belakangan ini. Workshop ini di bagi dalam dua kategori, yaitu   Pre-Event dan Main Event.

Untuk kategori Pre-Eevent, kegiatan ini menjaring  para pelajar di Jabodetabek. Ada 15 sekolah akan menjadi target workshop tanpa di pungut biaya apapun. Merupakan kabar baik, bagi para pelajar yang saat ini  demam akan perangkat open source. Disarankan oleh penulis    untuk  menghubungi  kepanitaan  Comfest 2011 segera mungkin, jika sekolahnya mau  terdaftar dalam ajang tersebut.

Sedangkan untuk kategori  Main-Event diadakan pada 14-16 Juni 2011 di SMESCO Indonesia.  Pesertanya tentu beragam, alias umum. Dengan pembagian tiga sesi yaitu  Amatir – Exploring GIMP, Medium – Web Design with WordPress dan Advanced – Develop Mobile Application with Android .

Keempat, Blogging Competition. Merupakan sebuah kompetisi blog untuk mengapresiasi para insan  blogger Indonesia yang memiliki minat tinggi dalam menulis tulisan di blog. Begitupun kontibusi penulis yang saat ini lakukan, sebagai salah satu peserta dalam ajang Comfest 2011. Tema yang diusung pun begitu membangkitkan semangat untuk tetap berkarya tanp henti untuk bangsa tercinta ini melalui karya tulisan ,”Inovasi Karya Anak Bangsa menuju Kemandirian Nasional”.

Kelima. Programming Competition. Programming Competition COMPFEST 2011 (PC COMPFEST 2011) merupakan kompetisi berskala nasional. Peserta dari kompetisi ini adalah mahasiswa/mahasiswi serta siswa/siswi SMA yang berada di seluruh seoantro Indonesia.  Ini adalah kompetisi yang sangat menantang bagi para pelajar maupun mahasiswa  untuk bisa menjawab soal-soal pemrograman untuk diselesaikan secara online (via web).

Keenam. Robotic Competition. Bukan hanya sekadar kompetisi. Robotic Competition ini juga menekankan nilai-nilai edukasi dan memperkenalkan kepada pelajar SMA tentang robot dalam pengaplikasiannya. Kompetisi ini tidak di pungut biaya,bagi para pelajar SMA tidak salahnya mencoba event yang satu ini.

Ketujuh. Game Design Competition. Suatu kompetisi dimana peserta diminta untuk membuat sebuah game pada platform mobile Android dengan tema “Inovasi”. Sasaran utama dari kompetisi ini adalah mahasiswa dan developer Android di seluruh Indonesia.  Tema” inovasi” begitu tepat untuk mencari bibit-bibit muda generasi negeri ini dalam mengembangkan potensi yang dimiliki, sehinggga memunculkan inovasi baru yang bermanfaat.

Tidak Rugi

Kegiatan yang bertajuk IT ini adalah momen penting bagi kita semua untuk menghargai karya anak bangsa. Belajar IT tak harus mahal. Sekiranya itulah menjadi hal yang  di tawarkan oleh penyelenggara Computer Festival 2011 Universitas Indonesia.

Event yang bertujuan mengangkat pertumbuhan dan pemanfaat IT demi kemandirian nasional adalah, ide yang luar biasa. Mampu mewadahi kebutuhan yang diinginkan publik saat ini. Masalah biaya  pun sangat terjangkau,apalagi bagi anda yang mengikuti kompetisi dan menang. Tentu hal yang mneyenangkan. Selain memperoleh ilmu, hadiah pun bisa Anda bawa pulang. Tentunya  tidak  rugi bukan, “Sekali Dayung Dua Tiga  Pulau Terlamapaui”!

About awitara

saat ini masih sebagai mahasisa aktif di salah satu perguruan ringgi negeri di Bali. kegiatan sehari-hari ngeliput kegiatan mahasiswa, koz aktif di pers mahasiswa dan mengasuh terbitan majalah "brahmastra". selain itu, saya juga menyukai banyak hal tentang TI . suka menulis., membaca, nge-blog, diskusi , jalan-jalan dan berbagai hal yang menyenangkan. isi dalam blog saya ini rata-rata kumpulan artikel tulisan yang pernah di terbitkan di koran lokal maupun nasional. ya, itung-itung berbagi informasi dan sambil belajar nulis.

Posted on 24/05/2011, in Blogging and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Wow! CompFest ya!😀
    Saya juga menulis tentang ini di blog saya.:mrgreen:

  2. tapi gk masuk nominasi mas, semngat terus…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: