5 Soft Skill Seorang Blogger


Menjadi seorang blogger tentunya adalah sebuah pilihan. Namun untuk menjaga kestabilan dan semangat dalam menghasilkan content yang berkualitas dan diterima dalam kalangan pembaca tentu tak cukup dengan hard skill, seperti bakat menulis, keahlian menulis, pengetahuan seputar tata bahasa( Ejaan Yang Disempurnakan) dan segubrak teori menulis lainnya.

Dibutuhkan sentuhan yang lebih dalam lagi. Selain  “kulit luar” yang nampak, perlu in power  yang mampu melahirkan karya, dengan keberlangsungan(conten blog)tanpa kata lelah. Dengan itu diperoleh  target dan sasaran yang terarah. Ada 5 sentuhan soft skill yang harus dimiliki oleh seorang blogger sejati(seperti Anda) jika mau tetap eksis dan kunjungan blog Anda terus melambung tinggi, yakni:

1. Komitmen

Sikap ini penting ditanamkan agar karya yang di tuangkan dalam bentuk tulisan, gambar, suara maupun video tetap secara konsinten di lakukan. Tidak hanya sekadar mengikuti trend ataupun hanya “hangat-hangat tahi ayam” dalam melakukan aktifitas blog. Namun lebih pada kesungguhan hati, untuk mau terus menghasilakan(produktif) karya terbaik.

 2.Motivasi

Sentuhan ini memiliki kekuatan yang luar biasa bagi para blogger. Motivasi adalah ‘vitamin’ sekaligus ‘mantra sakti’ para blogger untuk mencapai sasaran atau tujuan terakhir dalam melakukan aktifitas Blog. Ada beberapa motivasi  mengapa seseorang menjadi seorang blogger yaitu memperjuangkan idealisme, personal branding, eksistensi diri, finansial, menyimpan dan berbagi informasi, hiburan, edukasi, dan kontrol sosial.

3.Kerja keras  dan Kerja Cerdas

Siapapun  dan dalam bidang apapun,  untuk mencapai kekusksesan tentu di butuhkan kerja keras dan kerja cerdas. Dua hal ini secara timbal balik akan memperkuat komitmen dan motivasi dalam memacu semangat untuk terus berkarya, berkarya dan berkarya. Intinya, maju terus pantang mundur deh! Namun selalu di kontrol dengana pikiran yang jernih, bisa menimbang mana yang baik dan sebaliknya. Karena dunia blogger sesungguhnya seperti sisi mata pisau. Kalau tidak bisa memanfaatkan dengan baik, maka pelakunya(blogger) akan “terbunuh”.

4.Kepekaan sosial

Banyak para blogger yang motivasinya sekadar mencari  finansial atau eksistensi semata. Padahal peran blog, lebih dari itu. Dalam konteks di era digital ini, begitu  strategis  memberikan sumbangsih atau alternatif terhadap permasalahan yang ada, dengan tulisan yang di hasilkan.

Tentu ada timbal balik dalam bentuk komentar.  Bukan hanya itu, pesan yang berisikan informasi ternyata mampu memberikan perubahan sosial secara massif. Lihat saja kasus-kasus hukum di negeri ini, dengan bantuan tulisan di blog dan jejaring sosial, mampu menjebol kekuatan keadilan yang sejatinya. Seperti  kasus Prita dan koin untuk Bilkis.

Ini semua  tentu perlu kepekaan sebagai seorang blogger. Dengan karya (tulisan) seyognya bisa membuka hati pembaca dan  tidak hanya melulu dibumbui review bisnis ini itu.  Menceritakan  situasi dan kondisi yang ada di sekitar, untuk bisa dibagi dan diinformasikan kepada publik dengan media yang ada(blog) merupakan bagian untuk meringankan beban ‘Korban’ dalam lingkungan Anda.

5.Rasa Tanggungjawab

Sebagai insan blogger yang melek IT dan segudang pengetahuan, tentunya memiliki tanggung jawab yang besar dalam  media yang dikelola dan kemungkinan akan muncul ketika, beragam informasi mulai di tayangkan dalam blog pribadi. Isi blog adalah cerminan dari pemiliknya. Disinilah seorang bloger harus siap dengan tanggung jawab atas apa yang menjadi isi pikirannya.

Jangan hanya bersenang-senang ketika blog anda mendapat pujian dari pengunjungnya(pembaca). Ketika ada “perselisihan” jangan lari. Bertanggung  jawablah secara jantan! Menjadi seorang blogger adalah sebuah pilihan, maka untuk itu terimalah segala konsekuensi ketika “musibah” menimpa. Dan jangan pula lupa buat dan manfaatkan jaringan blogger yang ada secara maksimal.

Semoga Bermanfaat!!!

 

About awitara

saat ini masih sebagai mahasisa aktif di salah satu perguruan ringgi negeri di Bali. kegiatan sehari-hari ngeliput kegiatan mahasiswa, koz aktif di pers mahasiswa dan mengasuh terbitan majalah "brahmastra". selain itu, saya juga menyukai banyak hal tentang TI . suka menulis., membaca, nge-blog, diskusi , jalan-jalan dan berbagai hal yang menyenangkan. isi dalam blog saya ini rata-rata kumpulan artikel tulisan yang pernah di terbitkan di koran lokal maupun nasional. ya, itung-itung berbagi informasi dan sambil belajar nulis.

Posted on 10/07/2011, in Blogging and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 9 Comments.

  1. Bener. Gue setuju. Semua yang disebutkan diatas itu sangat penting untuk kelangsungan hidup sebuah blog.😀

  2. thaks kawan, semoga bermanfaat aja, salam kenal…

  3. jangan lupa ikut gathering blogger juga untuk menambah network

  4. ok, sran yang bermanfaat,makasimas…

  5. Hai mas Agus, 5 softskill itu sangat bagus untuk seorang Blogger dan juga untuk masyarakat umum!

    Bagus postingannya! Thanks banget.

  6. ok, makasi semoga bermanfaat, bukan hanya di klangan para blogger aja ya, sip dah😉

  7. mantep banget tulisannya yg satu ini
    keep blogging

  8. thkas bgt, jangan lupa berkunjung lagi ya,,,

  9. mantap tulisane… like this🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: