Fenomena Infotainment di Mata Publik(I)


Suguhan acara pertelevisian Indonesia memang tak ada habis-habisnya untuk memanjakan mata masyarakat kita. Dari acara(hiburan) anak-anak, remaja, dewasa, hingga Orang tua, lengkap, ada setiap hari. Belum lagi pola siaran  TV Swasta, yang  nyaris dan beda tipis dengan TV Swasta lainnya.

Itu tergambar dari (acara) fenomena Infotainment, sebagian besar hampir di tayangkan oleh masing-masing TV Swasta saat ini. Bahkan TV lokal pun mulai menyisipakan acara tersebut, namun dengan pengemasan subtil(halus).

Infotainment memang identik dengan realitas kehidupan, termasuk perilaku manusia(Tokoh/Artis) yang menjadi figur. Hal ini menjadi tontonan yang menarik bagi masyarakat kita saat ini, khsususnya kaum hawa. Intrik yang terkandung dalam  Infotainment,  memang memiliki daya pikat tersendiri di mata pemirsanya.

Lihat saja saat ini, hampir masing-masing TV Swasta dengan blak-blakan bahkan dengan over   meng-close-up sisi kehidupan sang artis misalnya. Ini menjadikan masyarakat semakin terlena dengan tontonan tersebut.

Apalagi tiap harinya di tayangkan pada jam-jam, yang memang mengharuskan masyarakat untuk menontonnya. Beragam pergolakan dan perseteruan yang penuh dengan kontroversi coba diangkat. Dengan angle(sudut pandang)  yang mengundang rasa ingin tahu dan penasaran publik, sekaligus merupakan gubahan berseri; Menarik!

Naluri Primitif

Meskipun Infotainment acapkali diiedentikkan dengan gossip, dalam perspektif agama selalu dikaitkan dengan kebohongan yang tidak ada manfaatnya sama sekali bagi mansuia yang bersangkutan. Masih ingat nggak  fatwa  MUI yang menyatakan bahwa  Infotainment itu haram, karena telah menyebarkan keburukan orang lain di depan khalyak.

Toh, dengan adanya fatwa tersebut ternyata belum mampu juga ‘menakuti” masyarakat kita yang kadung cinta dengan tontonan yang sering mengupas habis kehidupan selebriti.

Permisi dulu, saya kutip pernyataan Dedy Mulyana(2008) dalam bukunya Komunikasi Massa, Kontroversi, Teori dan Aplikasi  menyatakan bahwa kenapa tayangan Infotainment begitu mempengaruhi  besar ketertarikan masyarakat kita, itu dikarenakan manusia ingin  memenuhi naluri primitifnya, yakni untuk tertarik pada misteri, drama,konflik, dan sensualitas.

Gosip yang sering ditayangkan oleh TV Swasta, sering megandung dua atau bahkan tiga unsur tersebut, khususnya drama dan konflik yang merupakan  titik klimaks dari  daya pikat  Infotainment.

Karena itu daya tarik Infotainment amatlah tinggi  daripada daya tarik film, apalagi karater masing-masing artis(tokoh) di “telanjangi” habis-habisan, saat sedih, marah, berduka dan lain sebagainya.

Maka  pemirsa pun akan terhanyut  dan terbawa  dalam zona tersebut. Disitulah  goalnya acara Infotainment. Memang tidak bisa di mungkiri acara-acara yang terangkum dalam Infotainment sebagian besar memberitakan sepak terjang kehidupan orang-orang terkenal yang mayoritas penyanyi atau pemain sinetron, dimana “menginvasi” ruang pribadi publik secara kontinyu, dalam dan berlangsung setiap hari.

Bersambung……

 


About awitara

saat ini masih sebagai mahasisa aktif di salah satu perguruan ringgi negeri di Bali. kegiatan sehari-hari ngeliput kegiatan mahasiswa, koz aktif di pers mahasiswa dan mengasuh terbitan majalah "brahmastra". selain itu, saya juga menyukai banyak hal tentang TI . suka menulis., membaca, nge-blog, diskusi , jalan-jalan dan berbagai hal yang menyenangkan. isi dalam blog saya ini rata-rata kumpulan artikel tulisan yang pernah di terbitkan di koran lokal maupun nasional. ya, itung-itung berbagi informasi dan sambil belajar nulis.

Posted on 15/07/2011, in Komunikasi Massa and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 8 Comments.

  1. Bener-bener… Saya setuju…

  2. ok, thak you boss. baca juga bagian k2nya nanti, nelagi proses,🙂

  3. Irfan Handi

    Ambil nilai positifnya aja bang.

  4. ok, nanti saya langsung capcus kesana…

  5. yoi, soalnya sering mengusik batin primitif saya mas, hehehe

  1. Pingback: Fenomena Infotainment di Mata Publik (II) | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: