Sibuk, Sibuk, dan Sok Sibuk


Judul tulisan diatas sebenarnya untuk merefleksikan aktivitas sehari-hari saya saat ini. Sibuk, sibuk, dan sok sibuk. Wajar, selalu ingin menjadikan diri sendiri super sibuk dengan beragam kegiatan apapun. Waduh#.

Memasuki bulan Desember sebagai pengunjung akhir tahun 2011 ini kegiatan saya begitu membludak. Meskipun tanpa menghasilkan profit yang wah, seperti temen-temen blogger lakukan. Intinya saya cum mau belajar semasih menjadi mahasiswa. Lihat ini itu langsung, SIKAT! |sadis jugašŸ˜‰

Maksudnya sikat disini adalah kegiatan apapun yang saya rasa bermanfaat, saya langsungĀ  jatuh cinta dan ingin melakukannya, tanpa merasa iba kepada kegiatan sebelumnya Ā yang sudah duduk manis, menanti belaian untuk di lakukan sesegera mungkin, cyah….

Itulah saya, acapkali terpesona dengan kegiatan yang saya anggap memiliki daya tarik tersendiri. So, pada akhirnya, ketika semuanya (kegiatan)Ā  menuntut saya harus dirampungkan, otak di langsung vakum dan sulit untuk Ā berpikir.. Otak ini mandek, penuh dengan jejalan tugas yang menumpuk berat, berat sekali. Yah, bergerakĀ  untuk melakukan dan menyelesaikannya bukan hal yang mudah. Perlu strategi yang matang, apalagi energi dan materi yang dibutuhkan terbilang lumayan .

Seperti saat ini, dikampus dimana saya kuliah sudah dimulai Ujian Akhir Semester (UAS). Ujian dengan 9 mata kuliah saat saya duduk di semester VII saat ini membuat saya tercengang kagum. Betapa tak terasanya waktu sehingga UAS-pun menjemput datang, diatas Ā kesibukan yang saya lakukan.

Masalah sulit atau tidaknya mata kuliah bersangkutan, yah, hal yang wajar bagi mahasiswa. Sulit, bagi yang tidak pernah kuliah, malas, tak mau tau dengan mata kuliah, yang hanya mengandalkan duit jika buat paper/makalah, selalu berdiam diri penuh keheningan saat teman sekelompokĀ  presentasi tugas, dan boro-boro ikutan organisasi kampus.

Tapi berbeda dengan dengan mahasiswa tipe akademikus, rajin dan selalu tertib aturan dengan mata kuliah. Tentunya itu bagian dari sarapan pagi baginya. Pertanyaan saya, anda berada pada posisi yang mana?

Jujur kalau saya tidak diantara keduanya. Karena penyakit musiman mahasiwa seperti saya, acapkali kambuh, kadang akademikus, kadang apatis dengan kuliah. Bukannya ingin mengembangbiakkan sikap malas, tapi terkadang faktor Ā pendidik yang acapkali membuat perkuliahan tidak menarik.

Coba anda bayangkan! Jika Dosen didepan kelas hanya menjelaskan slide show yang ia buat beberapa hari, bulan atau tahun yang lalu. KemudianĀ  membaca hingga jam kuliah habis. Tak ada bedanya dengan orang mendengar berita secara live bukan?

Sibuk Organisasi

Sekali lagi saya katakan, jangan meniru prilaku saya yang amat tergoda dengan organisas. Kehidupan di kampus, saya mengikuti Ā Unit kegiatan Mahasiswa di bidang jurnalistik.Ā  Dipercaya sebagai Pimpinan Umum (PU) tentu sebuah kepercayaan luar biasa dari temen-temen di jajaran redaksi pers mahasiswa (persma). Beranggotakan 20-orang lebih (itu merupakan jumlah yang lumayan banyak dalam pers kampus ) dalam Surat Keputusan (SK) rektor.

Sayangnya yang bekerja hanya 3-5 orang saja. Salut! Sedangkan program kerja yang harus dilakukan cukup banyak, terlebih untuk merampungkan majalah setiap semester. Bagi saya itu adalah tantangannya. Dan membuat waktuĀ  isirahat serta tidur saya sampai Ā larut.

Belum lagi rencana buat mading dikampus agar pemberitaanya tak hanya melalui majalah. Oya, di persma kami juga memiliki website bisa di lihat disini. Dari segi tampilan tentu masih jauh dengan pers kampus yang ada di luar sana, tapi saya tetap berusaha agar kepemimpinan saya bisa dicontoh dengan adik-adik yang baru bergabung, meskipun jauh dari sempurna.

Disisi lain, deadline majalah rencana terbit Januari mendatang, sedangkan bahan yang terkumpul baru 50 %, itu prosentasi kasarnya. Saat ini kami diinternal, sambil mencari bahan berita di selingi dengan kesibukan untuk menjalankan UTS. Amat terkuras tenaga ini.

Tak cukup disana saja. Beberapa saat yang lalu, ada tawaran dari Sloka Institut,Ā  Lembaga Independet yang memberikan ruang bebas bagi masyarakat Bali untuk berekpresi sebagai pewarta warga (citizen journalism) untuk membuat buku kompilasi Blogger mengenai tempat wisata diindonesia, salah satunya di Bali.

Saya dapat job disana. Sebelumnya saya mendapatkan info dari millis Bali Blogger Community (BBC) sebuah komunitas blog Bali, saya mengiyakan saja, karena kebetulan saya hobi nulis. Meskipun, masih jauh dari level layak tampil.

Hanya bermodalkan semangat dan mau belajar. Dan akhirnya, job itu pun sampai sekarang hanya sebatas dalam benak dan pikiran yang terombang ambing. Kegiatan mana yangĀ  harus diselesaikan terlebih dahulu. Pusing!

Itu hanya seluit deretan kesibukan yang saya rasakan untuk mengisi diri selama menjadi mahasiswa saat ini. Saya ingin merasakan, menjadi orang sibuk, sibuk dan sok sibuk itu seperti apa. Dan hasilnya benar-benarĀ  saya rasakan.

Bagi temen-temen blogger yang berkecimpung di dunia tersebut, yah, harus berpikir dua kali. Bukan hal yang muda teryata, meskipun dalam ruang kampus, tanggung jawab, staregi untuk mengatur waktu, efesiensi, memanfaatkan jaringan adalah tantangan tersendiri. Khususnya jika mau berkecimpung dalam ranah jurnalistik.

Sampai tulisan ini saya muat di Blog sebenarya sebagai ajang untuk sharing semata , menyampaikan uneg-uneg yang tak tersalurkan didunia nyata sana. Saya kira ini tempat yang pas, bukankah seperti itu kawan !!!

About awitara

saat ini masih sebagai mahasisa aktif di salah satu perguruan ringgi negeri di Bali. kegiatan sehari-hari ngeliput kegiatan mahasiswa, koz aktif di pers mahasiswa dan mengasuh terbitan majalah "brahmastra". selain itu, saya juga menyukai banyak hal tentang TI . suka menulis., membaca, nge-blog, diskusi , jalan-jalan dan berbagai hal yang menyenangkan. isi dalam blog saya ini rata-rata kumpulan artikel tulisan yang pernah di terbitkan di koran lokal maupun nasional. ya, itung-itung berbagi informasi dan sambil belajar nulis.

Posted on 27/12/2011, in mahasiswa and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. Datang hanya ingin mengucapkan.
    Selamat Tahun Baru 2012 mas bro.
    Semoga Tahun 2012 lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.
    Selamat bersibuk-sibuk ria kawan. Salam persahabatan selalu.

  2. waaahh.. bener2 sibuk ya rupanya si oom.
    ttep semangat aja dah oom.. jangan lupa minum mizone, biar jadi 100%
    hehehe

  3. Met tahun baru yaaa…šŸ™‚
    semoga tahun ini selalu membawa kebaikan buat kita semua… Amin

  4. hmm, kalo saya mah sudah tidak terlalu sibuk dengan kegiatan perkuliahan sob.. udah puas sibuk2nya, sekarang mah santai saja.. hehešŸ˜€

  5. Maaf baru balas soalnya sibuk, sabar ya, balas satu-satu dulušŸ™‚

    @hanya ingin Berbagi : Ok. Makasih, moga tambah suksesdi tahun ini dengan Resolusinya.
    @OomGuru: Yoi, sayang aku sering minum air Putih aja, hmmšŸ™‚
    @ Yunie : yamabk,makasihšŸ™‚
    @Dhenok : oh, sudah lulus atau sudah mau mengakhiri masa jabatan jadi mahasiswa ???šŸ™‚

Leave a Reply

